Profil Pengadilan Agama Sawahlunto

Profil Tentang Pengadilan Agama Sawahlunto Mulai Dari Pelayanan hingga Zona Integeritas
Profil Pengadilan Agama Sawahlunto

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

LAYANAN E-COURT MAHKAMAHAGUNG

LAYANAN E-COURT MAHKAMAHAGUNG

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

8 NILAI UTAMA MAHKAMAH AGUNG

 

 

Assalammualaikum wr wb...

Website Pengadilan Agama Sawahlunto merupakan media informasi bagi masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Sawahlunto. Website ini merupakan bentuk komitmen kami mewujudkan peradilan yang bersih, transparan dan akuntabel yang merupakan pengejewantahan terhadap cita-cita membentuk lembaga peradilan Indonesia yang agung.

Sejak bergulirnya reformasi di negeri ini, lembaga peradilan juga ikut mengambil peran secara bertahap mewujudkan reformasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga peradilan. Salah satu reformasi itu adalah memberikan akses secara terbuka kepada masyarakat untuk memantau dan mengawasi kinerja lembaga peradilan dengan keterbukaan informasi yang diterapkan. Hal ini sesuai dengan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Oleh kerena itu, segenap aparatur Pengadilan Agama Sawahlunto berharap masyarakat dapat menggunakan media web ini sebagai pintu informasi untuk mengetahui kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Sawahlunto.

Akhir kata, kami menyadari bahwa, masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan kami dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, tapi yakinlah, bahwa kami akan terus berusaha untuk berinovasi memberikan yang terbaik bagi masyarakat pengguna web ini.

Selasa, 20 Oktober 2020 diadakan perhelatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Sawahlunto, yang dijabat oleh Suhendra, S.H.. Pelantikan ini dipimpinan oleh Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto (Elmisbah, Ase, S.H.I.). Karena masih dalam pandemi Covid-19 Pelantikan ini diadakan secara sederhana, tanpa mengundang tamu undangan dari pihak luar atau eksternal, tampak hadir untuk mendampingi beliau hanya istri tercinta "Maria Susanti, S.Pd).

Pelantikan dimulai pada pukul 09.00WIB sebelum pelaksanaan sidang dimulai, Pelantikan tersebut berjalan lancar dan hikmat. Dalam kata sambutan Bpk. Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto Elmisbah, Ase, S.H.I. menyampaikan " Selamat kepada Suhendra, S.H., atas promosi jabatan ini, yang mana sebelumnya Suhendra, S.H. menjabat sebagai Panitera Pengganti PA Sawahlunto dan dengan adanya promosi jabatan ini dapat memicu peningkatan kinerja khususnya bagi Suhendra, S.H., dan umumnya bagi seluruh pegawai PA Sawahlunto agar promosi-promosi jabatan lainnya  yang lebih tinggi dapat menghampiri Pegawai PA Sawahlunto, tidak tertutup penempatan di PA Sawahlunto saja tetapi bisa ditempatkan pada PA lain diwilayah Sumatera Barat." Tutur Ketua PA Sawahlunto memberi selamat dan semangat untuk seluruh pegawai PA Sawahlunto.

Diakhir pelantikan diadakan sesi foto bersama, antara pejabat yang baru dilantik dengan Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sawahlunto.

WhatsApp Image 2020 10 21 at 14.20.20

Foto bersama Suhendra, S.H., dengan Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto (Elmisbah Ase, S.H.I)

Foto saat Pengambilan Sumpah dan Pelantikan sedang berlangsung

Foto bersama Suhendra, S.H., (nomor 3 dari kanan) dengan Ketua PA Sawahlunto Elmisbah Ase, S.H.I.

(nomor 2 dari kanan) dan Arif Irhamy, S.H.I, M.Sy Wakil Ketua PA Sawahlunto (nomor 1 dari kanan) dan

Fathur Rizqi, S.H.I Hakim PA Sawahlunto (nomor 4 dari kanan).

 

 

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Lokasi Kantor

Pengadilan Agama Sawahlunto@2020