Hasil Perkara Hak Asuh Anak berhasil diputuskan

By Pengadilan Agama Sawahlunto 02 Okt 2018, 14:46:59 WIB PA Sawahlunto
Hasil Perkara Hak Asuh Anak berhasil diputuskan

Salah satu kompetensi absolut ( Kekuasaan mutlak ) pengadilan agama dalah menerima, memeriksa, menyelesaikan, dan memutus perkara dalam persidangan yang salah satunya adalah hak asuh anak. Hal ini didasarkan pada Undang-undang no 7 tahun 1989 yang telah diubah dengan undang-undang no 3 tahun 2006 dan perubahan kedua UU no 50 tahun 2009.

Perkara hak asuh anak tergolong perkara yang jarang ditangani di Pengadilan Agama Sawahlunto, mesti demikian diharapkan pada petugas pengadilan agama yang dalam hal ini Kepaniteraan, Meja 1, dan informasi harus memahami tentang hak asuh anak tersebut, sehingga dengan adanya pengetahuan yg cukup akan membantu para pihak yang mendaftarkan perkaranya bisa memahami dengan baik sebelum perkara didaftarkan secara resmi.

Pada hari senin 01 oktober 2018 terdapat satu sidang lanjutan dengan agenda pembacaan hasil putusan hak asuh anak yang telah dua kali dilakukan mediasi oleh salah seorang hakim pengadilan agama sawahlunto yaitu Bapak Armen Ghani, S.Ag, M.Sy. Sidang berjalan dengan hikmat seiring Hakim membacakan hasil putusan yang memuaskan bagi kedua belah pihak.