Pengadilan Agama Sawahlunto Laksanakan Upacara Kesaktian Pancasila

By Pengadilan Agama Sawahlunto 01 Okt 2018, 10:24:50 WIB PA Sawahlunto
Pengadilan Agama Sawahlunto Laksanakan Upacara Kesaktian Pancasila

Senin, 01 OKtober 2018 Pengadilan Agama Sawahlunto melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang di ikuti oleh semua pegawai, tenaga kontrak beserta mahasiswa magang IAIN Bukittinggi. Upacara dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung dengan hikmat. Pembina Upacara menyampaikan makna dari hari Pancasila bahwa berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Pada tanggal 30 September 1965, terjadi tragedi yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Tragedi ini masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya.

Akan tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila. Menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia, dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Ditumpasnya kekuatan anti Pancasila, atau berbagai pemberontakan, perlu disikapi dengan pemahaman kesejarahan yang bersifat rasional, bukan dengan irasionalitas keyakinan saktinya Pancasila.