Written by Super User on . Hits: 6

Apa itu Sidang Diluar Gedung Kantor
Sidang Diluar Gedung Kantor adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya.

Apa Manfaat Sidang Diluar Gedung Kantor?
Lokasi sidang lebih dekat dengan tempat tinggal yang mengajukan perkara

  • Biaya transportasi lebih ringan.
  • Menghemat waktu

Siapa saja Yang Bisa Mengajukan Perkara dalam Sidang Diluar Gedung Kantor?
Semua orang dapat mengajukan perkara untuk diselesaikan melalui pelayanan Sidang Diluar Gedung Kantor oleh pengadilan setempat.

Perkara apa saja yang dapat diajukan dalam Sidang Diluar Gedung Kantor?
Semua perkara pada dasarnya dapat diajukan melalui Sidang Diluar Gedung Kantor, akan tetapi karena keterbatasan pada pelayanan Sidang Diluar Gedung Kantor, maka perkara yang dapat diajukan melalui Sidang Diluar Gedung Kantor, di antaranya adalah:

  • Itsbat nikah: pengesahan/pencacatan nikah bagi pernikahan yang tidak terdaftar di KUA
  • Cerai gugat: gugatan cerai yang ajukan oleh istri
  • Cerai talak: permohonan cerai yang diajukan oleh suami
  • Penggabungan perkara Itsbat dan cerai gugat/cerai talak apabila pernikahan tidak tercatat dan akan mengajukan perceraian .
  • Hak asuh anak: Gugatan atau permohonan hak asuh anak yang belum dewasa.
  • Penetapan ahli waris: Permohonan untuk menetapkan ahli waris yang sah.

Tempat Pelaksanaan Sidang Diluar Gedung Kantor

Pengadilan biasanya melaksanakan Sidang Diluar Gedung Kantor di balai sidang pengadilan, kantor kecamatan, kantor KUA,  atau tempat fasilitas umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal jauh dari kantor pengadilan.

Langkah-langkah Pengajuan Perkara Pada Sidang Diluar Gedung Kantor

Langkah 1. Mencari Informasi  Sidang Diluar Gedung Kantor

  1. Informasi  tentang  Sidang Diluar Gedung Kantor dapat diperoleh melalui kantor pengadilan setempat,  telepon, website pengadilan, kantor kecamatan atau kantor desa.
  2. Pastikan anda mendapatkan informasi yang benar tentang:
  • Waktu Sidang Diluar Gedung Kantor
  • Tempat Sidang Diluar Gedung Kantor
  • Biaya Perkara
  • Tatacara mengajukan perkara melalui Sidang Diluar Gedung Kantor

Langkah 2. Melengkapi Persyaratan Administrasi:

Persyaratan administrasi yang perlu dilengkapi untuk mengajukan perkara pada Sidang Diluar Gedung Kantor adalah:

  1. Membuat surat gugatan atau permohonan
  2. Melengkapi dokumen-dokumen yang diperluakan  sesuai dengan perkara yang diajukan. (Lihat Panduan pengajuan gugatan/permohonan ).
  3. Membayar panjar biaya perkara yang telah di tetapkan oleh  Pengadilan . Bagi yang tidak mampu membayar  maka dapat mengajukan  prodeo atau   beperkara secara gratis (lihat panduan cara mengajukan prodeo).
  4. Pada saat pelaksanaan Persidangan Pemohon/penggugat harus membawa minimal 2 orang saksi yang mengetahui permasalahan penggugat/pemohon.
  5. Menyerahkan semua persyaratan yang sudah lengkap tersebut di atas ke kantor pengadilan.
  6. Setelah persyaratan diserahkan, minta tanda bukti pembayaran  (SKUM), dan satu salinan surat gugatan/permohonan yang telah diberi nomor perkara.

Langkah 3 : Mengikuti Proses Persidangan

  1. Datang tepat waktu di tempat Sidang Diluar Gedung Kantor yang telah ditentukan bersama 2 orang saksi dengan membawa SKUM dan salinan surat gugatan/permohonan.
  2. Mengikuti seluruh proses persidangan  dengan tertib dan berpakaian sopan.
  3. Jika tidak bisa hadir dalam Sidang Diluar Gedung Kantor, maka pemeriksaan persidangan ditunda.

Langkah 4 : Setelah Perkara Diputus

Setelah perkara diputus salinan putusan bisa diambil di Pengadilan atau di tempat Sidang Diluar Gedung Kantor.

Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi

Website PA Se-Sumatera Barat

Pengadilan Agama Sawahlunto@2020