on . Hits: 79

Senin, 21/12/2020 Pengadilan Agama Sawahlunto diundang menghadiri acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani (WBBM). Acara yang digagas oleh Kemenpan RB tersebut merupakan ajang penghargaan bagi satuan kerja yang sukses menerapkan Zona Integritas. Ada dua kriteria penghargaan; Anugerah Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pada kesempatan tersebut, PA Sawahlunto diwakili oleh Ketua, Elmishbah Ase, SHI, Wakil Ketua Arif Irhami, S.Ag, M.Sy., dan Panitera Hj. Emmy Zulfa, S.Ag.

Acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK dan WBBM 2020 digelar secara luring dan daring. Tema yang diangkat adalah Making Change, Making HistoryPlt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Jufri Rahman menjelaskan bahwa pembangunan ZI merupakan kebutuhan yang harus segera dilaksanakan oleh seluruh unit kerja. Tujuannya adalah percepatan pelayanan publik dan integritas.

WBK atau WBBM merupakan agenda Pemerintah untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, bebas korupsi, terpercaya, dan berintegritas. Terlebih di era revlolusi industri 4.0. Wakil Presiden RI, K.H., Ma'ruf Amin mengapresiasi peningkatan nominasi satker yang diusulkan sebagai penerima anugerah zona integritas di tahun 2020. Dibandingkan tahun sebelumnya jumlah satker yang diusulkan mengalami kenaikan yagn signifikan. Jika pada tahun 2019 terdapat 2.246 unit kerja pelayanan yang diusulkan, tahun ini meningkat tajam menjadi 3.691 unit kerja yang diusulkan untuk dievaluasi oleh Tim Penilai Nasional (TPN). Jumlah tersebut berasal dari 70 Kementerian/Lembaga, 20 Pemerintah Provinsi, dan 161 Pemerintah Kabupaten/Kota. Termasuk di dalamnya adalah Mahkamah Agung RI dan Pengadilan Agama Sawahlunto yang merupakan salah satu satker yang berhasil meraih predikat WBK di tahun 2020 ini.

Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin juga hadir secara daring memberikan apresiasi dan arahan kepada Satker penerima anugerah. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa Setiap aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki komitmen untuk membangun budaya integritas. Tanpa integritas yang kuat, akan sulit bagi ASN untuk menghidari ancaman dan tekanan.

Lebih lanjut Beliau menyampaiakan bahwa predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Ia optimis keberhasilan pembangunan ZI dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah.

Beliau berharap kepada seluruh penyelenggara pelayanan publik agar melakukan akselerasi untuk menaikkan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan, serta melakukan inovasi terbaik untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis.

Pada kesempatan tersebut, MENPAN - RB Tjahjo Kumolo bersama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri secara simbolis menyerahkan penganugerahan ZI WBK dan penganugerahan ZI WBBM kepada Satker terpilih. 

 

Add comment


Security code
Refresh

Banner Ucapan

Lokasi Kantor

Pengadilan Agama Sawahlunto@2020