on . Hits: 24

Selasa, 21 Desember 2021 bertempat di aula Kantor Camat Barangin Kota Sawahlunto, Pengadilan Agama Sawahlunto bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kementrian Agama Kota Sawahlunto melaksanakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu bagi masyarakat Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu ini sesuai dengan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang “Pelayanan Terpadu Sidang Keliling PN/PA dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran” dan juga sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang dibuat dan ditandatangani oleh tiga instansi ini di hadapan Bapak Walikota Sawahlunto beberapa bulan yang lalu dalam rangka membantu masyarakat Kota Sawahlunto yang mengalami kendala pada saat mengurus dokumen kependudukannya karena pernikahan mereka belum tercatat dan terdaftar di Kantor Urusan Agama.

21122021 itsbat 2Pembukaan Sidang Itsbat Terpadu

Sebelum pelaksanaan sidang, dilakukan acara pembukaan oleh Kepala Dinas DukCapil Bpk Andy Rastika, SH, MM., kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pengarahan dan petunjuk pelaksanaan sidang terpadu oleh ketua Pengadilan Agama Sawahlunto Bpk Firdaus, SHI, MH.
Bagi para pihak yang permohonan itsbat nikahnya dikabulkan, maka pada hari itu juga akan mendapat bukti nikahnya berupa kutipan akta nikah sekaligus juga langsung dapat melakukan perubahan data dan pembuatan dokumen kependudukannya seperti Kartu Keluarga, e-KTP dan juga akta kelahiran.

Salinan dari Salinan dari pa.sawahlunto 520 x 244 px 1280 x 720 pxPelaksanaan Sidang Itsbat Terpadu

21122021 pelayanan itsbat nikah 1Pelaksanaan Sidang Itsbat Terpadu

Program ini disambut sangat antusias oleh para pihak yang ikut mengajukan permohonan karena merasa sangat terbantu dan juga mendapatkan banyak petunjuk dan informasi terkait pengurusan dokumen-dokumen kependudukan yang mereka butuhkan.
Setelah pelaksanaan sidang itsbat nikah selesai dilaksanakan, acara kemudian ditutup oleh Wakil Walikota Sawahlunto Bapak H. Zohirin Sayuti, SE., sekaligus juga penyerahan dokumen kependudukan dan buku kutipan akta nikah kepada para pihak yang mengikuti program itsbat nikah terpadu ini. Program ini sangat diapresiasi oleh pemko Kota Sawahlunto karena disamping mendukung program pemerintahan kota sawahlunto dalam pendataan penduduk dan juga masyarakat yang mengalami kendala dalam pengurusan dokumen kependudukanya betul-betul merasa terbantu dan diharapkan untuk tahun 2022 program ini tetap berjalan karena masih banyak penduduk kota sawahlunto yang pernikahannya belum tercatat sehingga mengalami kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukanya.

21122021 pelayanan itsbat nikah 2Penyerahan Dokumen Kependudukan

21122021 pelayanan itsbat nikah 3Penyerahan Dokumen Kependudukan

Add comment


Security code
Refresh

Fasilitas Publik

Banner Ucapan

Lokasi Kantor

Pengadilan Agama Sawahlunto@2020